PEKAN IMUNISASI DUNIA
 TAHUN 2022

Pekan Imunisasi Dunia 2022 dianggap menjadi momen yang penting untuk masyarakat Indonesia supaya dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi dasar lengkap, yang telah menurun selama pandemi Covid-19.  Kenyataan ini dianggap mengkhawatirkan karena Indonesia sendiri selama ini memang dikenal sebagai negara yang imunisasi dasar lengkap dan imunisasi rutin masih relatif rendah. Padahal, imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.
Melalui momentum Pekan Imunisasi Dunia 2022 yang berlangsung setiap akhir April, mengingatkan kita mengenai pentingnya vaksinasi pada anak. Sebab, imunisasi dasar sangat penting untuk mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), seperti kanker hati, tuberkulosis (TBC), polio, difteri, tetanus, campak, rubella, dan pertusis.
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan bahwa untuk mencapai kadar perlindungan terhadap kesehatan anak, maka imunisasi harus diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Dalam rangka kegiatan Pekan Imunisasi Dunia, UPT Puskesmas Siliwangi melaksanakan kegiatan penyuluhan, kampanye kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi dasar lengkap kepada masyarakat, dan pelaksanaan imunisasi rutin bagi balita.












 

Komentar

  1. PELAKSANAAN IMUNISASI BALITA RUTIN DI UPT PUSKESMAS SILIWANGI, YANG BERTEPATAN DENGAN PEKAN IMUNISASI DUNIA

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini