BIAN

BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL


    Tahun 2022 ini Kemenkes RI mencanangkan program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi COVID-19. BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Program ini diwujudkan sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan hamonisasi kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib). 
    Dikutip dari Instagram @kemenkes_ri, Program Imunisasi Anak Nasional ini terbagi menjadi dua tahap, yakni: 
1. Tahap Pertama Imunisasi Anak Nasional Tahap Pertama diselenggarakan pada bulan Mei 2022. Adapun wilayah pelaksanaannya adalah di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. 
2. Tahap Kedua Imunisasi Anak Nasional Tahap Kedua dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Wilayah sasaran dari program imunisasi tahap kedua ini adalah Pulau Jawa dan Provinsi Bali. 
    Program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan di posyandu yang diprioritaskan oleh pemerintah. Berdasarkan data Kemenkes, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap (2019-2021). Langkah persiapan BIAN dimanfaatkan oleh Kemenkes untuk memperluas layanan kesehatan dengan mereaktivasi 300 ribu Posyandu di seluruh pelosok Tanah Air. Reaktivasi ini sekaligus bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke posyandu yang juga menurun saat pandemi. 
Dilaporkan bahwa jumlah kunjungan sasaran ke posyandu menurun sampai dengan 70% selama masa pandemi Covid-19. Meningkatnya jumlah anak tanpa imunisasi lengkap berdampak pada peningkatan jumlah kasus PD3I dan terjadinya Kejadian Luar Biasa atau KLB PD4I seperti campak, rubela, dan difteri di beberapa wilayah. 
    Kabupaten Garut, merupakan daerah yang termasuk akan melaksanakan program BIAN tahap kedua, pada bulan Agustus 2022 mendatang. Sebagai langkah persiapan pelaksanaan program BIAN, maka UPT Puskesmas Siliwangi telah melaksanakan beberapa hal sebagai berikut :
1. Pendataan sasaran BIAN
2. Pendataan sarana dan prasarana
3. Sosialisasi internal dan eksternal
4. Pembentukan tim pelaksana BIAN
Dengan kerjasama yang baik antara seluruh pihak, diharapkan program BIAN akan dapat berjalan lancar demi peningkatan derajat kesehatan anak-anak Indonesia. 
Ayo dukung program ini, bawalah balita anda ke pos imunisasi terdekat di bulan Agustus 2022.




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini